PENGARUH MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIPADUKAN DENGAN STRATEGI PAIKEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA MAN WAJO

FATMA, ANDI NURUL (2019) PENGARUH MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIPADUKAN DENGAN STRATEGI PAIKEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA MAN WAJO. S1 thesis, PASCASARJANA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tugas pokok guru merencanakan, melaksanakaan dan melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk memaksimalkan tercapainya tujuan pembelajaran melalui pemilihan model dan strategi yang tepat.Model kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja bersama dalam kelompok untuk mencapai tujuan. PAIKEM merupakan strategi mengajar dengan menciptakan suasana belajar yang aktif, inovatif, kreatif serta menyenangkan membuat siswa tidak merasa bosan dan dengan cara belajar yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini yaitu (i) untuk mengetahui motivasi belajar biologi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (ii) Mengetahui motivasi belajar biologi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi PAIKEM; (iii) Mengetahui hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (iv) Mengetahui hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi PAIKEM; (v) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi PAIKEM terhadap motivasi belajar biologi siswa; (vi) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi PAIKEM terhadap hasil belajar biologi siswa di MAN Wajo. Jenis penelitian ini quasy exprimental dengan desain pretest-posttest nonequivalen control grup design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket motivasi belajar skala likert dan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) yang dipadukan dengan strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan) terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa. Kata Kunci: Model STAD, Strategi PAIKEM, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:18
Last Modified: 18 Feb 2019 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12245

Actions (login required)

View Item View Item