Peran Pondok Pesantren dalam Pembinaan Karakter Disiplin dan Kemandirian Santri (Studi Pondok Pesantren IMMIM Putra Makassar)

Nasran, Nasran (2019) Peran Pondok Pesantren dalam Pembinaan Karakter Disiplin dan Kemandirian Santri (Studi Pondok Pesantren IMMIM Putra Makassar). S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal Nasran.pdf

Download (100kB) | Preview

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu proses pembinaan karakter disiplin dan kemandirian santri. Dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi proses pembinaan karakter disiplin dan kemandirian santri di pesantren IMMIM Putra Makassar. Penelitian ini adalah penelitian mengunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisi data yang dilakukan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembinaan karakter dan disiplin santri di pesantren IMMIM Putra Makassar meliputi kegiatan a) Kegiatan pembelajaran (pengenalan karakter, pemahaman karakter, penerapan karakter, pengulangan karakter, dan internalisasi karakter). b) Pembudayaan dalam pengembangan diri (Kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengondisian). c) kegiatan ekstrakurikuler yang di laksanakan di luar konteks pembelajaran di dalam kelas yaitu kegiatan (Bidang keagamaan, Bidang kepemimpinan, Bidang olaraga, Bidang seni dan Bidang life skill). Faktor Pendukung yang berpengaruh terhadap proses pembinaan karakter disiplin dan kemandirian santri di pesantren IMMIM Putra Makassar yaitu ustazd, pembina, guru, dan bidang yang relevan terkait pembinaan karakter santri yang akan mengarahkan ke hal-hal yang positif dalam pesantren serta menjadi motivator dalam mendukung karakter santri. Sarana dan prasarana sebagai penunjang keberhasilan dalam proses pembinaan karakter disiplin dan kemandirian santri di pesantren IMMIM Putra Makassar. Faktor penghambat yang mempengaruhi proses pembinaan karakter disiplin dan kemandirian santri di pesantren IMMIM Putra Makassar yaitu latar belakang santri yang sangat berbeda-beda, kurangnya kesadaran sebagian santri terhadap kedisiplinan dan kemandirian di dalam pesantren dan pergaulan santri itu sendiri. Kata kunci:Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren, Santri

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:21
Last Modified: 15 Feb 2019 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

View Item View Item