Irawati, Irawati and Arafah, Kaharuddin and Rusyadi, Rusyadi (2019) Pelaksanaan Asesmen Autentik Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Sinjai. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
|
Text
ARTIKEL IRA.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan asesmen autentik mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Sinjai. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan asesmen autentik mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Sinjai sebagian besar sudah terlaksana dengan baik. Dimana tahap perencanaan, guru mampu menentukan indikator hasil belajar berdasarkan kompetensi dasar dengan mengacu pada perangkat pembelajaran, memilih teknik penilaian yang digunakan, menyusun kisi-kisi soal, instrumen penilaian, kriteria dan rubrik penilaian serta memperhatikan penggunaan bahasa pada tes yang digunakan. Tahap pelaksanaan, guru dapat memantau aktivitas belajar peserta didik, melakukan penilaian di ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Tahap tindak lanjut, guru melakukan remedial bagi peserta didik yang tidak tuntas, menjelaskan kembali bahan pembelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik, dan memperbaiki instrumen serta rubrik penilaian. Faktor pendukung pelaksanaan asesmen autentik adalah kesiapan peserta didik dalam pembelajaran, lingkungan belajar yang nyaman, dan kelengkapan laboratorium sedangkan faktor penghambatnya berupa jenis penilaian yang terlalu menyita waktu, kurang memahami cara menyusun instrumen dan rubrik penilaian, mereka belum mampu mengelola waktu dalam membuat penilaian. Kata Kunci: Asesmen Autentik, Biologi, Kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 15 Feb 2019 02:58 |
Last Modified: | 15 Feb 2019 02:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12225 |
Actions (login required)
View Item |