Pengaruh Latihan Pliometrik Dept Jump dan Quick Leap Terhadap Power Tungkai Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMA Negeri 12Makassar

TEGILA, FAHRIZAL and Nawir, Nukhrawi and Bismar, Ahmad Rum (2019) Pengaruh Latihan Pliometrik Dept Jump dan Quick Leap Terhadap Power Tungkai Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMA Negeri 12Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Fahrizal Tegila.pdf

Download (66kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh latihan pliometrik dept jump terhadap power tungkai, (2) pengaruh latihan pliometrik quick leap terhadap power tungkai dan (3) perbedaan pengaruh latihan pliometrik dept jump dan quick leap terhadap power tungkai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk desain two group pretes posttes design. Popolasi dan sampel ini adalah peserta putra ekstrakurikuler bolavoli SMA N 12 Makassar berjumlah 40 orang dengan sampel sebanyak 32, 16 peserta ekstrakurikuler adalah kelompok latihan pliometrik dept jump dan 16 peserta ekstrakurikuler adalah kelompok latihan pliometrik quick leap. Teknik penentuan sampel adalah purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, uji-t dengan bantuan program computer SPSS versi 20.00 dengan taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kelompok perlakuan yang dilatih dengan latihan dept jump berpengaruh secara signifikan terhadap power tungkai peserta ektrakurikuler bolavoli SMA N 12 Makassar. Pengaruhnya terlihat dari rata-rata peningkatan power tungkai hasil tes awal dan tes akhir sebesar 7.68. (2) kelompok perlakuan yang dilatih dengan latihan quick leap berpengaruh secara signifikan terhadap power tungkai peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA N 12 Makassar. Pengaruhnya terlihat dari rata-rata peningkatan power tungkai hasil tes awal dan tes akhir sebesar 7.81 . (3) kelompok perlakuan yang dilatih dengan latihan dept jum dan quick leap berpengaruh secara signifikan terhadap power tungkai. Kelompok quick leap besar pengaruhnya terhadap power tungkai yaitu sebesar 88.68 daripada kelompok latihan dept jump yaitu sebesar 91.56.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:06
Last Modified: 14 Feb 2019 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12210

Actions (login required)

View Item View Item