Pengembangan Instrumen Berbasis Keterampilan-Keterampilan Abad ke-21

Wahyudi, Wahyudi (2018) Pengembangan Instrumen Berbasis Keterampilan-Keterampilan Abad ke-21. S2 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKKASAR.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan instrumen keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif yang valid, dan reliabel. Kedua keterampilan tersebut merupakan dimensi dari keterampilan-keterampilan abad ke-21. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 17 Makassar kelas XI IPA dengan 32 responden selama 2 kali uji coba dari Juli-September 2018. Tes yang dikembangkan berupa tes essay dengan kombinasa beberapa materi fisika yang didasarkan pada kurikulum 2013. Langkah-langkah pengembangan diadopsi dari Djaali dan Mulyono dimana secara umum langkahlangkah dimulai (1) merumuskan definisi konseptual dan operasional, (2) merancang Instrumen, (3) penelaahan pernyataan, (4) uji coba, (5) analisis, (6) revisi instrumen, dan (7) perakitan instrumen menjadi instrumen final. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes keterampilan berpikir kritis sudah memenuhi kategori valid dan reliabel dengan perincian 3 butir untuk interpretasi, 3 butir untuk analisis, 3 butir untuk inferensi dan 1 butir eksplanasi. Reliablitas instrumen sebesar 0.82 pada uji coba tahap 1 dan 0.68 pada uji coba tahap 2. Tes keterampilan berpikir kreatif juga sudah memenuhi kategori valid dan reliabel dengan perincian 3 butir untuk kelancaran, 2 butir untuk keluwesan, 4 butir untuk originalitas, 3 butir untuk elaborasi dan 3 butir untuk evaluasi. Reliabilitas instrumen 0,94 pada uji coba tahap 1 dan 0.74 pada uji coba tahap 2. Kata kunci:Keterampilan abad ke-21, keterampilan, berpikir kritis, berpikir kreatif, valid, reliabel

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Feb 2019 06:17
Last Modified: 11 Feb 2019 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12174

Actions (login required)

View Item View Item