Peningkatan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Plantae Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Kelas X SMA Negeri 3 Palopo

Suriyani, Lili (2013) Peningkatan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Plantae Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Kelas X SMA Negeri 3 Palopo. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
LILI SURIYANI.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Lili Suriyani. Peningkatan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Plantae Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Kelas X SMA Negeri 3 Palopo (dibimbing oleh Prof Dr Ir Hj.Yusminah Hala, MS dan Faisal, S.Pd, M.Pd). Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan pembelajaran berbasis konstruktivisme yang membentuk kelompok heterogen, meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan materi tersebut pada anggota kelompoknya. Pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan , motivasi , aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui peningkatan motivasi belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kelas X SMA Negeri 3 Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Xj SMA Negeri 3 Palopo yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas Xj SMA Negeri 3 Palopo tahun pelajaran 2013/2014. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa pada kelas Xj SMA Negeri 3 Palopo tahun pelajaran 2013/2014. (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas Xj SMA Negeri 3 Palopo . ABSTRACT LILI SURIYANI, 2014, Improving Motivation,Activities, and learning Outcomes of Students on Plantae Mterial through Cooperative Learning Model Type Numbered Heads Together in Class X of SMAN 3 Palopo ( supervised by Yusminah Hala and Faisal) A Cooperative learning type NHT is an instruction base constructivism which form heterogenic group, increase student’s responssibility toward their own learning and others. Students not only learn the material given, but also should be ready to present the material to the member of their group. Classcally, this instruction is designed to increase motivation, activities, and learning outcomes of students. This reseach aims to reveal the increase of motivation, activities, and learning outcomes of students through cooperative learning model of type NHT in class X of SMAN 3 Palopo It is a classroom action research which conducted in two cycles. Subject of the research are 33 students of class X SMAN 3 Palopo and carried out on the even semester of academic year 2013/2014 The result of the research shows that the cooperative learning model of type NHT can increase student’s learning motivation; it also can increase student;s learning activities on Biology subject, as well as it improved student’s learning outcomes on Biology subject. Key Word: Cooperative learning type NHT, motivation, activities, Learning outcomes

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2016 05:49
Last Modified: 02 Nov 2016 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item