PERBANDINGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS, KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DAN TINGKAT INTELIGENSI ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Ulfa, Nurul Alia (2019) PERBANDINGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS, KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DAN TINGKAT INTELIGENSI ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR. S2 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk (i) mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 9 Makassar; (ii) mendeskripsikan kemampuan berpikir divergen siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 9 Makassar; (iii) mendeskripsikan tingkat inteligensi siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 9 Makassar; (iv) mengetahui adakah perbedaan signifikan keterampilan proses sains antara siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 9 Makassar; (v) mengetahui adakah perbedaan signifikan kemampuan berpikir divergen antara siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 9 Makassar; dan (vi) mengetahui adakah perbedaan signifikan tingkat inteligensi antara siswa lakilaki dan perempuan pada mata pelajaran Biologi di Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Makassar yang terdiri dari 7 rombongan belajar. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang berjumlah 67 orang yang dipilih menggunakan tekhnik purposive sampling. dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi keterampilan proses sains, tes kreativitas verbal, dan tes CFIT (Culture Fair Intelligence Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) penguasaan keterampilan proses sains siswa lakilaki dan perempuan berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 73,56 dan 66,09; (ii) kemampuan berpikir divergen siswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 67,50 dan 73,43; (iii) tingkat inteligensi siswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori rata-rata dengan nilai rata-rata sebesar 106,28 dan 107,66; (iv) terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses sains antara siswa laki-laki dan perempuan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 pada taraf sig. α 0,05, dimana keterampilan proses sains siswa laki-laki lebih tinggi daripada siswa perempuan; (v) terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir divergen antara siswa laki-laki dan perempuan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,024 pada taraf sig. α 0,05, dimana kemampuan berpikir divergen siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki; dan (vi) tidak terdapat perbedaan signifikan tingkat inteligensi antara siswa laki-laki dan perempuan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,439 pada taraf sig. α 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:45
Last Modified: 11 Feb 2019 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12166

Actions (login required)

View Item View Item