Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi.

Khaerati, Khaerati (2013) Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Khaerati.docx

Download (17kB)

ABSTRAK Khaerati. 2013. Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi. (dibimbing oleh Syamsul Bachri Thalib dan Muhammad Danial). Penerapan strategi PBL terintegrasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD melibatkan siswa aktif di dalam kelas melalui diskusi tanpa diberikan masalah yang terdapat dalam materi pembelajaran. Untuk lebih berinovasi maka model pembelajaran kooperatif tipe STAD diintegrasikan dengan strategi PBL sehingga siswa tidak hanya aktif di dalam kelas tetapi juga aktif di luar kelas melalui kerja kelompok atas masalah yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesadaran metakognitif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Makassar yang dibelajarkan dengan strategi PBL terintegrasi model kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran langsung, (2) mengetahui hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Makassar yang dibelajarkan dengan strategi PBL terintegrasi model kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran langsung, (3) mengetahui perbedaan kesadaran metakognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBL terintegrasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran langsung peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 14 Makassar (4) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBL terintegrasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran langsung peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 14 Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain penelitian Nonequivqlent Control Grup Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesadaran metakognitif siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 24,96%, sedangkan kesadaran metakognitif siswa di kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 10,94%; (2) hasil belajar biologi siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 49,66%, sedangkan hasil belajar biologi siswa di kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 31,69%; (3) Terdapat perbedaan kesadaran metakognitif dan hasil belajar Biologi antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBL terintegrasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran langsung. Kesadaran metakognitif siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBL terintegrasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. ABSTRACT Khaerati. 2013. The Influence of Strategy Problem Based Learning Integrated Cooperative Learning Model Type of Student Teams Achievement Division on Metacognitive Awareness and Learning Outcomes Cognitive of Biology. (Guided by Syamsul Bachri Talib and Muhammad Danial). Implementation of an integrated PBL strategy STAD cooperative learning model can provide innovations in learning. STAD cooperative learning model involves students actively in class discussions without any given issue contained in the learning materials. To further innovate the STAD cooperative learning model integrated with PBL strategies so that students are not only active in the classroom but also active outside the classroom through group work on issues related to learning materials. This study aims to (1) determine the metacognitive awareness of students of class XI IPA SMAN 14 Makassar is learned with an integrated PBL strategy STAD cooperative models and who learned with direct instructional model (2) determine cognitive learning outcomes of learners biology who learned with an integrated PBL strategy STAD cooperative models and learned with the learning model directly student of class XI IPA SMAN 14 Makassar, (3) To know the difference between students' metacognitive awareness and cognitive achievement are learned with integrated PBL strategy STAD cooperative learning model to the model of direct instruction of students of class XI IPA SMAN 14 Makassar. This type of study is quasi-experimental study (quasi-experiment) using research designs Nonequivqlent Control Group Design. The sampling technique used was purposive sampling technique. The results showed that (1) students' metacognitive awareness of students in the experimental class values increased by an average of 24.96 and metacognitive awareness of students in the control class increased by 10.94, (2) learning outcomes of students in biology class experiments increased by 49.66 and the control classes increased by 31.69, (3) There are differences in metacognitive awareness and learning outcomes among students that learned biology with integrated PBL strategy STAD cooperative learning model with direct instructional model. Metacognitive awareness of students who learned with integrated PBL strategy STAD cooperative learning model better than students who learned with direct instructional model.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2016 05:47
Last Modified: 02 Nov 2016 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item