PENGARUH METODE INQUIRY TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN OPERASI DASAR MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 16 MAKASSAR

ANDRIANI, IKA (2019) PENGARUH METODE INQUIRY TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN OPERASI DASAR MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 16 MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan desain the randomized postest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA semester genap di SMA Negeri 16 Makassar. Penentuan sampel dengan simple random sampling. Instrumen pengukuran divalidasi oleh ahli, dilanjutkan dengan uji coba peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat: (i) perbedaan penguasaan operasi dasar matematika yang signifikan antara yang diajar dengan menerapkan metode inquiry terbimbing dan yang diajar dengan menerapkan metode inquiry bebas termodifikasi. (ii) perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara yang diajar dengan menerapkan metode inquiry terbimbing dan yang diajar dengan menerapkan metode inquiry bebas termodifikasi pada peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar. Kata kunci: metode inquiry terbimbing, metode inquiry bebas termodifikasi, penguasaan operasi dasar matematika, keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Feb 2019 01:23
Last Modified: 11 Feb 2019 01:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12158

Actions (login required)

View Item View Item