PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMPN 1 POLOMBANGKENG UTARA

HARNIATI, HARNIATI (2018) PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMPN 1 POLOMBANGKENG UTARA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Tujuan penelitian ini adalah Pengembangan Layanan Bimbingan pribadi sosial berbasis experiential learning untuk membantu siswa mengatasi rendahnya keterampilan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran kebutuhan program layanan bimbingan pribadi-sosial siswa di SMP Negeri 1 Polombangkeng Utara, (2) Untuk mengetahui gambaran model program layanan bimbingan pribadi sosial berbasis experiential learning yang valid dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 1 Polombangkeng Utara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development yang berdasarkan tahapan-tahapan penelitian Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, angket dan skala pengkuruan. Analisis data menggunakan analisis deskriftif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) gambaran kebutuhan akan program layanan bimbingan pribadi sosial berbasis experiential learning sangat dibutuhkan untuk membantu Guru BK di SMPN 1 Polombangkeng Utara dalam mengatasi permasalahan rendahnya keterampilan sosial siswa, (2) Gambaran kebutuhan menunjukan bahwa penting untuk mengembangkan suatu panduan layanan Bimbingan pribadi sosial Berbasis experiential learning yang valid dan praktis digunakan, (3) Keberterimaan buku panduan Layanan bimbingan pribadi sosial berbasis experiential learning melalui uji coba kelompok kecil dan uji kelompok terbatas, berdasarkan hasil dari kedua uji coba tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model layanan bimbingan pribadi sosial berbasis experiential learning telah diterima, sesuai dan layak dengan tujuan pengembangan yang ingin dicapai yaitu untuk membantu guru BK SMPN 1 Polombangekeng Utara dalam mengatasi masalah rendahnya keterampilan sosial siswa. Kata Kunci: Bimbingan Pribadi Sosial, Experiential Learning, Keterampilan Sosial.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Feb 2019 00:58
Last Modified: 11 Feb 2019 00:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12156

Actions (login required)

View Item View Item