PELATIHAN MENJAHIT TINGKAT DASAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) PADA ANGGOTA PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA TURU ADAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE.

FAUZIANA, ANA (2018) PELATIHAN MENJAHIT TINGKAT DASAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) PADA ANGGOTA PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA TURU ADAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Gambaran pengetahuan dan keterampilan sebelum pelatihan menjahit tingkat dasar dengan model pembelajaran langsung, serta proses pelatihan menjahit tingkat dasar dengan model pembelajaran langsung, dan gambaran pengetahuan dan keterampilan setelah pelatihan menjahit tingkat dasar dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan bentuk pretest-postest. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, tes (pengetahuan dan keterampilan) dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: Gambaran pengetahuan dan keterampilan menjahit tingkat dasar sebelum pelatiahan digolongkan pada kategori tidak terampil. Proses pelaksanaan pelatihan berjalan dengan lancar, peserta pelatihan antusias dari awal hingga akhir pelatihan. Gambaran pengetahuan dan keterampilan menjahit tingkat dasar setelah pelatiahan mengalami peningkatan. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian disarankan: Pelatihan menjahit tingkat Dasar dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lembaga pemerintahan desa Turu Adae kecamatan Ponre kabupten Bone dapat memberikan dukungan khususnya program pelatihan dan tambahan peralatan pelatihan. Diharapkan peserta pelatihan dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan menjahit tingkat dasar. Kata Kunci: Pelatihan, Menjahit Tingkat Dasar, Pembelajaran Langsung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Feb 2019 00:48
Last Modified: 11 Feb 2019 00:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12155

Actions (login required)

View Item View Item