PENGARUH KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKAUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

SIMANJUNTAK, ELIANSIS (2018) PENGARUH KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKAUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan pengelolaan kelas terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan pengelolan kelas (X) dan minat belajar (Y) yang diukur dengan skala likert. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 137 siswa, sampel adalah 38 siswa kelas XI Akuntansi 4 dengan menggunakan metode purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana maka diperoleh persamaan Ŷ=39,452+0,304X, artinya setiap penambahan satu satuan nilai keterampilan pengelolaan kelas maka akan meningkatkan minat siswa sebesar 0,304 satuan. Hasil korelasi product moment (r) diperoleh 0,383 atau sebesar 38,3 persen, menunjukkan hubungan antara keterampilan pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa berada pada kategori rendah. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,01<0,05, dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci: Keterampilan Pengelolaan Kelas , Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Feb 2019 00:24
Last Modified: 11 Feb 2019 00:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12153

Actions (login required)

View Item View Item