Peningkatan Aktivitas, Hasil Belajar Biologi dan Karakter Siswa dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas VIIIA MTs Al Hilaal Namlea Maluku

Kasmawati, Kasmawati (2013) Peningkatan Aktivitas, Hasil Belajar Biologi dan Karakter Siswa dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas VIIIA MTs Al Hilaal Namlea Maluku. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Kasmawati.docx

Download (19kB)

ABSTRAK Kasmawati. Peningkatan Aktivitas, Hasil Belajar Biologi dan Karakter Siswa dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas VIIIA MTs Al Hilaal Namlea Maluku (dibimbing oleh Mansyur dan Andi Mu’nisa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas, hasil belajar, dan karakter siswa MTs Al Hilaal namlea maluku pada kelas VIIIA melalui peneranan strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Al Hilaal Namlea Maluku yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas, tes hasil belajar, dan lembar observasi implementasi nilai karakter serta lembar angket siswa. Lembar observasi dan angket dianalisis dengan deskriptif kuantitatif menggunakan teknik persentase sedangkan tes hasil belajar dianalisis menghitung rata-rata skor ulangan harian tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa pada kelas VIIIA MTs Al Hilaal Namlea Kabupaten Buru Maluku tahun pelajaran 2013/2014. Pada siklus I aktivitas belajar siswa rata-rata 52,08% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,21%, (2) penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada kelas VIIIA MTs Al Hilaal Namlea Kabupaten Buru Maluku tahun pelajaran 2013/2014. Besarnya peningkatan hasil belajar pada siklus I rata-rata skor hasil belajar biologi siswa 70,67 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 75,60, (3) penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan karakter siswa kelas VIIIA MTs Al Hilaal Namlea Maluku tahun pelajaran 2013/2014 yaitu pada siklus I untuk masing-masing indikator karakter kejujuran, tanggung jawab, kemandirian dan kreativitas berturut-turut skor aktualnya sebesar 62; 58; 39; dan 61 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86; 89; 60; dan 71. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Karakter, strategi inkuiri . ABSTRACT KASMAWATI. 2014. The Improvement of Activity, Learning Result of Biology, and Studentas’ Character by Employing the Implementation of Inquiry Learning Strategy of Grade VIIIA Students at MTs Al Hilaal Namlea in Maluku (supervised by Mansyur dan Andi Mu’nisa) The study aimed at examining the improvement of activity, learning result, and students’ character at MTs Al Hilaal Namlea in Maluku of grade VIIIA by employing the implemntation of inquiry learning strategy. The study is a classroom action research which conducted in two cycles. The subjects of the study were 30 students of grade VIIIA on the second semester of academic year 2013/2014 at MTs Al Hilaal Namlea in Maluku. The instruments used were observation sheet of activity, test of learning result, and observation sheet of the implementation of character value as wellas questionnaire for students. Observation sheet and questionnaire were analized using desctriptive quantitative with persentage technique; whereas, test of learning result was analized by counting the mean score of daily test in each cycle. The results of the study revealed that (1) the implementation of inkuiry learningstrategy can improve students activity. In cycle I, students, learning activity was 52,08% and improved to 85,21% in cycle II, (2) the implementation of inquiry learning strategy can improve learning result of biology of grade VIIIA students. The mean score in cycle I was 70,67 and improved to 75,60 in cycle II, (3) the implementation of inquiry learning strategy can improve students’ character that in cycle I each indicator or characters such honesty, responsibility, independence, and creativitywere 62, 58, 39, and 61 and improved to cycle II by 86, 89, 60, 71nrespectively. Keywords : Activity, learning result, character, inquiry strategy

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2016 05:46
Last Modified: 02 Nov 2016 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item