PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASE INTRUCTION TERHADAP ANTUSIAS BELAJAR IPA SISWA DI SDI LAKIYUNG KABUPATEN GOWA

MUHAJIR, MUHAJIR (2018) PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASE INTRUCTION TERHADAP ANTUSIAS BELAJAR IPA SISWA DI SDI LAKIYUNG KABUPATEN GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan model Problem Based Instruction (PBI) di SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa (2) untuk mengetahui gambaran antusias belajar IPA (3) untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Instruction (PBI) terhadap antusias belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester ganjil SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dan pengambilan sampel untuk penentuan kelas menggunakan teknik sampling sistematis. Teknik pengumpulan data (1) antusias melalui angket/kuesioner, dan (2) lembar observasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap antusias belajar IPA meningkatkan antusias belajar siswa (2) Antusias belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari pretest antusias belajar siswa berada pada kategori rendah sedangkan pada posttest antusias belajar siswa berada pada kategori tinggi (3) Ada pengaruh pelaksanaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap antusias belajar IPA siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), dan Antusias Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Feb 2019 04:50
Last Modified: 08 Feb 2019 04:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12146

Actions (login required)

View Item View Item