PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IPS DI SMAN 1 MAKASSAR

ASTHER, MICHELLIN L. (2018) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IPS DI SMAN 1 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKKASAR.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh minat dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS di SMAN 1 Makassar, 2) mengetahui pengaruh minat dan kebiasaan belajarsecara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS di SMAN 1 Makassar, 3) mengetahui variabel bebas manakah yang berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS di SMAN 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah Minat Belajar (X1), Kebiasaan Belajar (X2) dan Prestasi Belajar (Y). populasi dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS di SMAN 1 Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang dikumpulkan di olah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Dari hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 46,169 +0,296X 1 +0,209X yang berarti bahwa nilai konstanta 46,169 dapat dicapai tanpa memperhatikan nilai minat belajar dan kebisaan belajar. Untuk nilai X1=0.296, menyatakan bahwa setiap penambahan satu nilai minat belajar, maka nilai prestasi belajar bertambah sebesar 0,296. Sedangkan, X2= 0,209, menyatakan bahwa setiap penambahan satu nilai kebiasaan belajar, maka nilai prestasi belajar bertambah sebesar 0,209 .Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel minat belajar dan kebiasaan belajar berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS di SMAN 1 Makassar. Hasil uji F diperoleh nilai sig. 0.000<0.05. . Hasil ujit diperoleh nilai sig. X1 0,000<0,05, nilai sig. X2 0,003<0,05sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS dI SMAN 1 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2019 06:55
Last Modified: 07 Feb 2019 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12121

Actions (login required)

View Item View Item