Eksplorasi Pemahaman Peserta Didik Kelas XI pada Materi Pecahan

Maghfira, Aini (2018) Eksplorasi Pemahaman Peserta Didik Kelas XI pada Materi Pecahan. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKKASAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh eksplorasi pemahaman pecahan peserta didik kelas XI. Subjek penelitian berjumlah 3 orang peserta didik kelas XI MIA 1 yang merupakan perwakilan dari masing-masing kategori tingkat pemahaman. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi data untuk mengecek keabsahan data. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif, yaitu: (1) skor rata-rata pemahaman peserta didik pada materi pecahan berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 72,455., (2) Terdapat 30,77% dari seluruh peserta didik yang mencapai kategori pemahaman tinggi, terdapat 38,46% dari seluruh peserta didik yang mencapai kategori pemahaman sedang, dan terdapat 30,77% dari seluruh peserta didik pada kategori pemahaman rendah. Hasil analisis data kualitatif diperoleh bahwa: (1) Pemahaman subjek pada konsep pecahan tergolong pada pemahaman instrumental., (2) Pemahaman subjek dalam merepresentasikan gambar ke dalam bentuk pecahan yang sesuai tergolong pada pemahaman instrumental., (3) Pemahaman subjek dalam merepresentasikan pecahan ke dalam gambar yang sesuai tergolong pada pemahaman relasional., (4) Pemahaman subjek pada konsep pecahan senilai tergolong pada pemahaman instrumental., (5) Pemahaman subjek pada konsep membandingkan pecahan tergolong pada pemahaman instrumental., (6) Pemahaman subjek pada operasi pecahan tergolong pada pemahaman instrumental. Kata kunci: Instrumental, Mixed method, Pecahan, Pemahaman, Relasional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2019 05:36
Last Modified: 07 Feb 2019 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item