“Pengaruh Diversifikasi Produk terhadap Volume Penjualan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Negeri Makassar”.

Sukmah, Sukmah (2018) “Pengaruh Diversifikasi Produk terhadap Volume Penjualan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Negeri Makassar”. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKKASAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam posisinya sebagai penyuplai barang dan jasa kebutuhan anggota dan masyarakat, menyediakan banyak pilihan produk kepada konsumen dengan memperhatikan diversifikasi produk melalui peningkatan jenis produk jual berdasarkan merek, ukuran, dan harga. Hal tersebut dapat dilihat dari tiga tahun terakhir volume penjualan mengalami peningkatan, maka diduga diversifikasi produk berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Negeri Makassar. Jenis penilitian ini adalah penelitian lapangan field research dengan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh berdasarkan catatan penjualan dan bukti tertulis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penjualan produk Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Negeri Makassar selama 2015 hingga 2017. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah penjualan produk air minum dalam kemasan selama periode 2015 hingga 2017. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah melalui program SPSS 2I. Metode analisis data melalui analisis statistik deskriptif variabel penelitian, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, uji parsial t, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Berdasarkan uji normalitas diperoleh nilai signifikansi diversifikasi produk 0,363 dan volume penjualan 0,268, masing-masing lebih dari 0,05 sehingga data dinyatakan berdistribusi normal. Adapun persamaan regresi linier sederhana diperoleh Y = -56831.658 + 51637.85X. Besarnya pengaruh diversifikasi produk terhadap volume penjualan adalah 51637,85 %. Volume penjualan bernilai positif pada saat terjadi kenaikan sebanyak dua kali pada variabel diversifikasi produk. Berdasarkan hasil uji parsial t diperoleh t sebesar 2.106 dengan nilai signifikansi 0.054, dimana nilai signifikansinya lebih besar dari 0.05 maka diversifikasi produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap volume penjualan. Hasil uji koefisien korelasi diperoleh hubungan antara diversifikasi hitung produk dengan volume penjualan senilai 0,491, maka memiliki hubungan yang positif pada taraf cukup. Sementara bedasarkan uji koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 24,1% diversifikasi produk berpengaruh terhadap volume penjualan. Kata Kunci : Diversifikasi produk, volume penjualan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2019 04:14
Last Modified: 07 Feb 2019 04:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12110

Actions (login required)

View Item View Item