Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge Kabupaten Bone

ANDARIANA, ANDI (2014) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge Kabupaten Bone. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Andi Andariana.docx

Download (15kB)

ABSTRAK ANDI ANDARIANA. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge Kabupaten Bone (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Faisal). Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge; (ii) mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar afektif siswa kelas XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge; (iii) mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar psikomotor siswa kelas XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge. Jenis penelitian merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge. Pada penelitian ini digunakan kelompok eksperimen berupa model PBL dan kelompok kontrol berupa model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif untuk mengukur hasil belajar kognitif, angket afektif siswa untuk mengukur hasil belajar afektif dan tes unjuk kerja siswa untuk mengukur hasil belajar psikomotor. Data dianalisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan anakova untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan afektif dan uji-t independent untuk mengetahui hasil belajar psikomotor dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) terdapat pengaruh yang signifikan model PBL terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge dengan nilai sighitung 0,02 < α (0,05); (ii) tidak terdapat pengaruh yang signifikan model PBL terhadap hasil belajar afektif siswa kelas XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge dengan nilai sighitung 0,28 > α (0,05) ); (iii) terdapat pengaruh yang signifikan model PBL terhadap hasil belajar psikomotor siswa pada uji kandungan makanan kelas XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge dengan nilai sighitung 0,03 < α (0,05). Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Kognitif, Hasil Belajar Afektif, Hasil Belajar Psikomotor. viii ABSTRACT ANDI ANDARIANA. 2014. The Influence of Problem Based Learning Model on Learning Outcomes of Cognitive, Affective and Psychomotor students in Matery Disgetion System of Class XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge of Bone (supervised by Yusminah Hala and Faisal). This study aimed to determined (i) the influence of the PBL model on cognitive learning outcome of students class XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge; (ii) the influence of the PBL model on affective learning outcome of students class XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge; (iii) the influence of the PBL model on psychomotor learning outcome of students class XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge. This study was a quasi-experimental research designed with pretest-posttest control group design. This research was conducted at class XI SMAN 1 TelluSiattinge. In this study used a model of PBL as the experimental group and direct instructional model as the control group. The research instruments are, cognitive learning outcome test to measured the learning outcomes of cognitive, affective student questionnaire to measured the learning outcomes of affective and student performance tests to measured the learning outcomes of psychomotor. Data were analyzed with descriptive statistics to describe the students learning outcomes of cognitive, affective and psychomotor. Inferential statistical analysis to examine the hypothesis used Anacova to determine cognitive and affective learning outcomes and independent ttest to determine psychomotor learning outcomes with SPSS 20.0 for windows. The results showed that: (i) there is significant influenced of the PBL model on cognitive learning outcomes of students class XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge with sig count value 0.02 <α (0.05); (ii) there is no significant influence of the PBL model on affective learning outcomes of student class XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge with sig count value 0.28> α (0.05); (iii) there is a significant influence of PBL models on psychomotor learning outcomes of students class XI SMA Negeri 1 TelluSiattinge with sig count value of 0.03 < α (0.05). Keywords: Problem Based Learning (PBL) Models, Cognitive Learning Outcomes, Affective Learning Outcomes, Psychomotor Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2016 05:38
Last Modified: 02 Nov 2016 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item