PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SDN 136 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Kasim, Erni and Samad, Sulaiman and Makkasau, A. (2018) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SDN 136 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ERNI KASIM.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar IPA siswa SDN 136 Duampanua Kabupaten Pinrang dan mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 136 Duampanua Kabupten Pinrang tahun ajaran 2016 / 2017 yang berjumlah 146 orang dan sampel adalah kelas V yang berjumlah 22 orang yang dipilh dengan teknik purposive sampling.Instrumen pengukuran dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes pilihan ganda, isian, dan uraian. Kemudian instrumen tersebut di uji validitas dan reabilitas serta divalidasi oleh tim validator ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis statistik deskripitif dan statistik inferensial meliputi uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran tematik integratif melalui 3 tahapan yaitu tahap persiapan,tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi ini terlaksana dengan baik. (2) Prestasi belajar IPA siswa sebelum pembelajaran tematik berada pada kategori rendah dan setelah pembelajaran tematik prestasi belajar siswa mencapai kategori tinggi melebihi KKM yang telah di tentukan. (3) Terdapat pengaruh positif pelaksanaan pembelajaran tematik integratif terhadap prestasi belajar IPA SDN 136 Duampanua Kabupaten Pinrang. Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Feb 2019 02:58
Last Modified: 06 Feb 2019 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12088

Actions (login required)

View Item View Item