HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA DI KECAMATAN TERNATE TENGAH

HM, Herawati (2018) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA DI KECAMATAN TERNATE TENGAH. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar hubungan kecerdasan emoisonal, kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA di Kecamatan Ternate Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Total populasi penelitian sebanyak 322 peserta didik dengan ukuran sampel sebanyak 181 peserta didik. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan disproportionate stratified cluster random sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen berupa angket dan tes. Data penelitian dianalisis menggunakan Software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar peserta didik kelas XI IPA SMA di Kecamatan Ternate Tengah memiliki kecerdasan emosional dan kedisiplinan belajar pada kategori sangat tinggi, motivasi belajar berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi, sedangkan hasil belajar berada pada kategori sangat rendah, (2) kecerdasan emosional, kedisiplinan belajar, dan motivasi belajar masing–masing memiliki hubungan positif dengan hasil belajar peserta didik, (3) terdapat hubungan postif antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar peserta didik, kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik, serta kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik, dan (4) terdapat hubungan linear antara kecerdasan emosional, kedisiplinan belajar dan motivasi belajar secara bersama–sama dengan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: kecerdasan emosional, kedisiplinan belajar, motivasi belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Feb 2019 02:38
Last Modified: 06 Feb 2019 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12085

Actions (login required)

View Item View Item