Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Desain di SMK Negeri 6 Makassar.

Rumissing, Tri Yulinda Danun (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Desain di SMK Negeri 6 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas (Classroom Action Research) dilaksanakan dengan 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan.. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas X Busana I SMK Negeri 6 Makassar, dengan ju mlah siswa 27 Orang. Data penelitian diperoleh dengan teknik pre-test dan post-tes pada ranah Kognitif, dan Lembar Observasi untuk mengukur Ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I nilai aspek kognitif siswa adalah 68,51 dengan persentase 33,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,74 dengan persentase 63%. Siklus I aspek afektif siswa adalah 71,33 dengan persentase 40,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,77 dengan persentase 92,60%. Siklus I Ranah psikomotor siswa sebesar 72,62 dengan persentase 37,1% meningkat menjadi 83 dengan persentase 96,3% pada siklus II. kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Dasar Desain Di SMK Negeri 6 Makassar. Kata Kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Feb 2019 00:44
Last Modified: 06 Feb 2019 00:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item