Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Gerak.

Ambotuo, Viskarita F M (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Gerak. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Ambotuo, Viskarita F.M.docx

Download (15kB)

ABSTRAK Viskarita F M Ambotuo. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Gerak. (Dibimbing oleh A. Mushawwir Taiyeb dan Oslan Jumadi). Dunia pendidikan terus menerus ditantang untuk menghasilkan peserta didik yang tidak hanya pintar secara kognitif, tetapi bisa diandalkan dalam masyarakat atau beretika/afektif yang baik, serta memiliki keahlian/psikomotorik yang mendukung. Oleh sebab itu, seorang guru dituntut terus menerus kreatif untuk menghasilkan output yang berkualitas baik dalam masyarakat, bangsa ataupun negara . Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri dan mengetahui bagaimana kualitas (kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri. Penelitian yang dilakukan menghasilkan perangkat pembelajaran pokok bahasan materi sistem gerak dengan karakteristik pembelajaran berbasis inkuiri. Perangkat pembelajaran inkuiri yang disusun memiliki kekhasan yaitu menggunakan media pembelajaran model tangan dan kaki manusia untuk lebih memudahkan penjelasan sistem gerak dalam proses pembelajaran. Siklus model 4-D yang dilakukan selama penelitian diawali dengan tahap define (pendefinisian) yang memiliki sub-sub tahap analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas serta perumusan tujuan pembelajaran; tahap kedua adalah design (perancangan) yang memiliki sub-sub tahap penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, perancangan awal yang menghasilkan prototype I; tahap ketiga adalah develop (pengembangan) yang memiliki sub-sub tahap adalah validasi dan uji coba yang menghasilkan prototype II; serta tahap terakhir adalah disseminate (penyebaran) dimana penyebaran yang dilakukan adalah penyebaran terbatas dilaksanakan pada MGMP IPA Terpadu Rayon III Kabupaten Poso yang menghasilkan prototype III. Kualitas perangkat pembelajaran materi sistem gerak, yang berbasis inkuiri) telah memenuhi kriteria valid berdasarkan analisis hasil validasi, telah memenuhi kriteria praktis berdasarkan analisis hasil keterlaksaaan perangkat pembelajaran yang dinyatakan reliable (dapat dipercaya) dan telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan analisis hasil kemampuan pedidik mengelola pembelajaran dinyatakan reliable, aktivitas siswa berada dalam rentang waktu yang ideal, respon siswa masuk dalam kategori positif, serta tes hasil belajar siswa masuk dalam kategori tuntas. Kata kunci: Inkuiri, sistem gerak, model tangan dan kaki manusia

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2016 05:35
Last Modified: 02 Nov 2016 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item