PENGARUH KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI SE KABUPATEN MAROS

Sahara, Rina Juanti (2018) PENGARUH KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI SE KABUPATEN MAROS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Rina Juanti Sahara.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh interaksi antara kepribadian guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Se Kabupaten Maros, (2) Perbedaan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri se Kabupaten Maros berdasarkan tipe kepribadian guru, (3) perbedaan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri se Kabupaten Maros berdasarkan perbedaan motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Data dikumpulkan dengan angket kepribadian guru, angket motivasi belajar dan tes hasil belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava dua jalur (Two way anova) menggunakan bantuan computer program R. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan. (i) Tidak ada interaksi antara kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Se Kabupaten Maros. (ii) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Se Kabupaten Maros berdasarkan tipe kepribadian guru, dimana kepribadian guru extravertion yang paling baik dan memiliki skor ratarata hasil belajar tertinggi (iii) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Se Kabupaten Maros berdasarkan perbedaan motivasi belajar, dimana diperoleh bahwa motivasi belajar instrinsik tinggi yang memberikan pengaruh optimum dan untuk meningkatkan hasil belajar maka motivasi belajar instrinsik tinggi inilah yang perlu ditingkatkan. Kata Kunci: kepribadian guru, motivasi belajar siswa, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Feb 2019 03:08
Last Modified: 04 Feb 2019 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12066

Actions (login required)

View Item View Item