Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Polewali Mandar. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) X) dan hasil belajar (Y). Populasinya yaitu keseluruhan jumlah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Polewali Mandar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 107 siswa, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y=28,771+4,321X dimana setiap penambahan satu nilai pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE), maka hasil belajar bertambah sebesar 4,321. Hasil penelitian penggunaan pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 51 dan rata-rata posttest yaitu 80 dari koefisien korelasi sebesar 0,845. Pada koefisien determinasi diperoleh nilai 0,654 yang berarti pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) berpengaruh positif sebesar 65,4 persen terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 di SMK Negeri 1 Polewali Mandar. Dan pada uji t diperoleh nilai signifikan 0,00< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 di SMK Negeri 1 Polewali Mandar terdapat peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan, sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Kata Kunci: Pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE), Hasil Belajar.

MUH. KHAERUL H,, MUH. KHAERUL H, (2018) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Polewali Mandar. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) X) dan hasil belajar (Y). Populasinya yaitu keseluruhan jumlah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Polewali Mandar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 107 siswa, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y=28,771+4,321X dimana setiap penambahan satu nilai pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE), maka hasil belajar bertambah sebesar 4,321. Hasil penelitian penggunaan pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 51 dan rata-rata posttest yaitu 80 dari koefisien korelasi sebesar 0,845. Pada koefisien determinasi diperoleh nilai 0,654 yang berarti pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) berpengaruh positif sebesar 65,4 persen terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 di SMK Negeri 1 Polewali Mandar. Dan pada uji t diperoleh nilai signifikan 0,00< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 di SMK Negeri 1 Polewali Mandar terdapat peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan, sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Kata Kunci: Pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE), Hasil Belajar. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
MUH KHAERUL H.pdf

Download (4MB) | Preview

2018. Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Kemampuan Bermain Sepakbola Siswa Putra SMA Negeri 7 Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas negeri Makassar. Penelitian Survei Kesegaran Jasmani bertujuan untuk mengetahui gambaran kesegaran jasmani dan pengaruhnya terhadap kemampuan bermain sepakbola siswa putra SMA Negeri 7 Kabupaten Luwu Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMA Negeri 7 Kabupaten Luwu Timur, yang berusia 16-19 tahun yang keseluruhannya berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, sedangkan teknik dalam pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak usia 16 - 19 tahun dan Instrumen Tes Keterampilan Gerak Dasar Sepakbola. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa putra SMA Negeri 7 Kabupaten Luwu Timur, berdasarkan presentase tertinggi yang diperoleh yaitu: Tingkat kesegaran jasmani siswa putra SMA Negeri 7 Kabupaten Luwu Timur sebanyak 13 siswa atau 32,5% dalam kategori baik, sebanyak 27 siswa atau 67,5% dalam kategori sedang, dan tidak ada atau 0% dalam kategori baik sekali, kurang dan kurang sekali. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada kemampuan bermain sepakbola menghasilkan p < 0,05 yaitu 0,000. Disimpulkan bahwa ada pengaruh tingkat kesegaran jasmani terhadap kemampuan bermain sepakbola siswa putra SMA Negeri 7 Kabupaten Luwu Timur. Kata Kunci: kesegaran jasmani, survei, dan kemampuan sepakbola value

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:43
Last Modified: 04 Feb 2019 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12060

Actions (login required)

View Item View Item