ANALISIS PENGGUNAAN JOBSHEET PADA MATA KULIAH PRAKTEK INSTALASI LISTRIK ANALYSIS OF UTILIZING JOBSHEET ON ELEKTRICAL INSTALLATION PRACTICE COURSE

Muh Ridwan, Muh Ridwan ANALISIS PENGGUNAAN JOBSHEET PADA MATA KULIAH PRAKTEK INSTALASI LISTRIK ANALYSIS OF UTILIZING JOBSHEET ON ELEKTRICAL INSTALLATION PRACTICE COURSE. S2 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1- SAMPUL.docx

Download (551kB)

, 2018. Analisis Penggunaan Jobsheet Pada Mata Kuliah Praktek Instalasi Listrik. (Muhammad Yahya dan Ruslan). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas, implementasi dan efektifitas jobsheet sebagai panduan praktek instalasi listrik di Laboratorum Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester IV di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Instrumen yang digunakan adalah angket yang sebelumnya telah divalidasi. Responden sebanyak 35 orang mengisi angket. Hasil angket yang diperoleh di olah dengan melakukan penskoran dengan skala Likert dan disajikan dalam bentuk persentase, tabel dan histogram. Untuk mengetahui kevalidan dan realibiltas angket dilakukan analisis statistik menggunakan Microsoft Excel 2010. Hasil pengolahan data dan analisis statistik menyatakan bahwa nomor soal angket memenuhi persyaratan validitas dan realibilitas. Berdasarkan hasil angket diperoleh data, responden sebanyak 16% sangat setuju dan 62% setuju bahwa jobsheet praktek instalasi listrik berkualitas. Responden menyatakan bahwa jobsheet instalasi listrik terimplementasikan dengan baik dengan persentase yaitu 22 % sangat setuju, 60,2% setuju sedangkan berdasarkan efektifitasnya responden menyatakan bahwa jobsheet instalasi listrik efektif dengan persentase yaitu 22% sangat setuju, 56% setuju. Jobsheet praktek instalasi listrik memiliki kualitas yang baik, dan dapat diimplimentasikan dengan baik dan efektif digunakan pada praktek instalasi listrik. Kata Kunci: Efektivitas jobsheet, implementasi jobsheet, kualitas jobsheet, praktek instalasi listrik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:06
Last Modified: 04 Feb 2019 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12049

Actions (login required)

View Item View Item