THE ROLE OF FOLKTALES AS LEARNING SOURCE TO SUPPORT VOCABULARY MASTERY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS PERAN DONGENG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN UNTUK MEMBANTU PENGUASAAN KOSA KATA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Hamral, Ahmad (2017) THE ROLE OF FOLKTALES AS LEARNING SOURCE TO SUPPORT VOCABULARY MASTERY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS PERAN DONGENG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN UNTUK MEMBANTU PENGUASAAN KOSA KATA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
A Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

, 2017. Peran Dongeng sebagai Sumber Pembelajaran untuk Mendukung Penguasaan Kosa Kata Siswa Sekolah Menengah Atas. (Dibimbing oleh ) Terbatasnya penguasaan kosa kata adalah suatu maslah utama dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (TEFL). Salah satu penyebab keterbatasan tersebut adalah kurangnya interaksi terhadap bahasa target yang dipelajari. Oleh karena itu penelitian ini mencoba untuk memperkaya input yang terbatas tersebut dan membuatnya menjadi input yang bermakna dengan memanfaatkan efek psikologi dari dongeng dalam pembelajaran latihan kosa kata berdasarkan dongeng. Ada tiga tema dongeng yang di kaji pada penelitian ini yaitu tema percintaan, perbuatan terpuji, dan kepahlawanan, yang bertujuan untuk mengetahui : (i) jenis latihan kosa kata berdasarkan dongeng yang bertema apa yang berpengaruh terhadap penguasaan kosa kata, dan (ii) apakah perbedaan tema dongeng berpengaruh terhadap penguasaan kosa kata. Penelitian ini menggunakan Repeated Measures Experimental Design untuk menguji tiga tema dongeng pada sebuah kelompok respondent yang terdiri dari 32 siswa. Data penelitian diperoleh dari test awal dan test akhir pada setiap tema parlakuan. Data mentah ini ditabulasikan dan dihitung secara statistik dengan menggunakan program SPSS untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tematema dongeng tersebut terhadap penguasaan kosa kata siswa. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa ke-tiga tema dongeng tersebut berpengaruh terhadap penguasaan kosa kata responden. Hal ini dibuktikan dari nilai korelasi semua tema percobaan kurang lebih dari 0,05 dan semua nilai signifikansi pada paired sample t-tes kurang dari 0,05. Nilai t-hitung yang diperoleh pada semua tema perlakuan lebih besar dari t-tabel. Hal ini berarti syarat terjadinya pengaruh dapat terpenuhi. Perbedaan nilai t-hitung pada semua pasangan (test awal dan test akhir yang dilakukan pada setiap perlakuan) menunjukkan bahwa perbedaan jenis tema dongeng berpengaruh terhadap penguasaan kosa kata siswa. Nilai t-hitung untuk masing-masing tema percintaan, perbuatan terpuji, dan kepahlawanan adalah 45,471, 99,607, and 43,097. Dari hal tersebut terlihat bahwa pengaruh yang terkuat ditampilkan pada tema perbuatan terpuji kemudian diikuti oleh tema percintaan dan terakhir adalah tema kepahlawanan. Kata Kunci: Perbendaharaan kata, dongeng, cinta, perbuatan baik, pahlawan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Feb 2019 01:21
Last Modified: 04 Feb 2019 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12040

Actions (login required)

View Item View Item