KOMPARASI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 12 BULUKUMBA COMPARISON OF THE EFFETIVINESS OF APPLYING PBL MODEL AND COOPERATIVE LEARNING MODEL OF TPS TYPE USING SCIENTIFIC APPROACH IN MATHEMATICS LEARNING OF GRADE VIII STUDENTS AT SMPN 12 BULUKUMBA

DANIAL, FITRIA ASTUTI (2018) KOMPARASI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 12 BULUKUMBA COMPARISON OF THE EFFETIVINESS OF APPLYING PBL MODEL AND COOPERATIVE LEARNING MODEL OF TPS TYPE USING SCIENTIFIC APPROACH IN MATHEMATICS LEARNING OF GRADE VIII STUDENTS AT SMPN 12 BULUKUMBA. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
i - xvii.docx

Download (459kB)

Abstract

. 2018. Komparasi Efektivitas Penerapan Model PBL dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Bulukumba. (Dibimbing oleh Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui komparasi efektifitas penerapan model PBL dan Model Kooperatif Tipe TPS dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Bulukumba. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas VIII di SMP Negeri 12 Bulukumba dan yang menjadi satuan eksperimen penelitian adalah kelas VIII.1 dan kelas VIII.2 yang masing-masing terdiri atas 24 orang peserta didik dengan teknik pengambilan satuan eksperimen melalui cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar, lembar obeservasi aktivitas peseta didik dan angket respon peserta didik. Hasil analisis inferensial pada penerapan Model PBL dengan Pendekatan Saintifik diperoleh p-value < 0,05 yaitu 0,0019 (terdapat perbedaan sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran). Hasil analisis inferensial pada penerapan Model Kooperatif Tipe TPS dengan Pendekakatan Saintifik diperoleh p-value < 0,05 yaitu 0,035 (terdapat perbedaan sebelum dan stelah penerapan model pembelajaran). Perbandingan hasil analisis inferensial pada uji hipotesis dengan taraf signifikansi α = 0, 05 dengan menggunakan uji kruskal-wallis rank sum test, diperoleh nilai P_value = 0, 0564 yang berarti lebih besar dari taraf signifikansi α = 0,05, maka secara statistik dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan kedua model pembelajaran tersebut. Kata Kunci: Model PBL, Model Kooperatif Tipe TPS, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Matematika. FITRIA ASTUTI DANIAL. 2018. Komparasi Efektivitas Penerapan Model PBL dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Bulukumba. (Dibimbing oleh Usman Mulbar dan Alimuddin). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui komparasi efektifitas penerapan model PBL dan Model Kooperatif Tipe TPS dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Bulukumba. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas VIII di SMP Negeri 12 Bulukumba dan yang menjadi satuan eksperimen penelitian adalah kelas VIII.1 dan kelas VIII.2 yang masing-masing terdiri atas 24 orang peserta didik dengan teknik pengambilan satuan eksperimen melalui cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar, lembar obeservasi aktivitas peseta didik dan angket respon peserta didik. Hasil analisis inferensial pada penerapan Model PBL dengan Pendekatan Saintifik diperoleh p-value < 0,05 yaitu 0,0019 (terdapat perbedaan sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran). Hasil analisis inferensial pada penerapan Model Kooperatif Tipe TPS dengan Pendekakatan Saintifik diperoleh p-value < 0,05 yaitu 0,035 (terdapat perbedaan sebelum dan stelah penerapan model pembelajaran). Perbandingan hasil analisis inferensial pada uji hipotesis dengan taraf signifikansi α = 0, 05 dengan menggunakan uji kruskal-wallis rank sum test, diperoleh nilai P_value = 0, 0564 yang berarti lebih besar dari taraf signifikansi α = 0,05, maka secara statistik dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan kedua model pembelajaran tersebut. Kata Kunci: Model PBL, Model Kooperatif Tipe TPS, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Feb 2019 00:55
Last Modified: 04 Feb 2019 00:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12037

Actions (login required)

View Item View Item