PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING ) TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN PENYANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAS MAKASSAR RAYA THE INFLUENCE OF DISCOVERY LEARNING MODEL ON METACOGNITION AWARENESS AND MASTERY CONCEPT OF BUFFER SOLUTION ON CLASS XI STUDENTS OF SMAS MAKASSAR RAYA

SURYANY, NASHRAH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING ) TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN PENYANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAS MAKASSAR RAYA THE INFLUENCE OF DISCOVERY LEARNING MODEL ON METACOGNITION AWARENESS AND MASTERY CONCEPT OF BUFFER SOLUTION ON CLASS XI STUDENTS OF SMAS MAKASSAR RAYA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.docx

Download (48kB)

Abstract

. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning ) terhadap Kesadaran Metakognisi dan Penguasaan Konsep Larutan Penyangga pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMAS Makassar Raya”. (Dibimbing oleh M Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) terhadap Kesadaran Metakognisi dan Penguasaan Konsep Larutan Penyangga pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMAS Makassar Raya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAS Makassar Raya tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur kesadaran metakognisi dan tes essay untuk mengukur pengusaan konsep peserta didik pada materi larutan penyangga. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS 20. Kesadaran metakognisi peserta didik yang dibelajarkan dengan model discovery learning memiliki rata-rata 80,05 dan standard deviasi 4,36 dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung memiliki rata-rata 75,69 dan standard deviasi 5,30. Penguasaan konsep peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovey learning memiliki rata-rata sebesar 62,22 dan standard deviasi sebesar 13,09 dan penguasaan konsep peserta didik yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung memiliki rata-rata sebesar 42,43 dan standard deviasi sebesar 13,25. Hasil analisis inferensial secara umum bahwa untuk uji hipoteis yang dilakukan menunjukkan H0 diterima dan hipotesis H1 ditolak karena nilai sig 0,880 > 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kesadaran metakognisi peserta didik. (2) Model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap penguasaan konsep larutan penyangga. (3) Tidak ada hubungan antara kesadaran metakognisi dengan penguasaan konsep peserta didik pada materi larutan penyangga. Kata kunci : Pembelajaran Penemuan, Metakognisi, Penguasaan Konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Jan 2019 07:01
Last Modified: 01 Feb 2019 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12021

Actions (login required)

View Item View Item