PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMK NEGERI 8 MAJENE

Hasrani, Hasrani (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMK NEGERI 8 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HASRANI.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dasar pengukuran listrik dengan pendekatan saintifik di SMK Negeri 8 Majene,(2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan perangkat pembelajaran dasar pengukuran listrik dengan pendekatan saintifik di SMK Negeri 8 Majene, (3) untuk mengetahui aktivitas peserta didik terhadap pengembangan perangkat pembelajaran dasar pengukuran listrik dengan pendekatan saintifik di SMK Negeri 8 Majene, (4) untuk mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran dasar pengukuran listrik dengan pendekatan saintifik memenuhi valid, praktis dan efekti funtuk di gunakan di SMK Negeri 8 Majene. Desain penelitian menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Subjek penelitian adalah perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Ajar Peserta Didik, Lembar Kegiatan Peserta Didik, dan Tes Hasil Belajar. Pengumpulan data penelitian di lakukan melalui lembar observasi dan angket respon peserta didik kemudian selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran, buku ajar peserta didik, lembar kegiatan peserta didik dengan pendekatan saintifik, (2) Respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik sangat tinggi, (3) Pengembangan perangkat pembelajaran dasar pengukuran listrik dengan pendekatan saintifik yang telah diterapkan pada peserta didik di SMK Negeri 8 Majene dapat meningkatkan aktivitas pesertadidik. (4) Setelah dilakukan validasi ahli dan uji coba terbatas, maka perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran dasar pengukuran listrik. Kata kunci : Pendekatan saintifik, Dasar pengukuran listrik, SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Jan 2019 04:16
Last Modified: 31 Jan 2019 04:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item