UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLABASKET MELALUI METODE TUTORIAL TEMAN SEBAYA PADA SISWA SMA NEGERI 2 SOPPENG

saila, Melisa (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLABASKET MELALUI METODE TUTORIAL TEMAN SEBAYA PADA SISWA SMA NEGERI 2 SOPPENG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
MELISA SAILA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

, 2018. Upaya meningkatkan hasil belajar lay up shoot bolabasket melalui metode tutorial teman sebaya pada siswa SMA Negeri 2 Soppeng. Pembimbing I : Hj. Hasmyati, Pembimbing II: Benny Badaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lay up shoot bolabasket melalui melalui metode pembelajaran tutorial teman sebaya pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Soppeng tahun pelajaran 2018 / 2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek data penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Soppeng tahun pelajaran 2018 / 2019 berjumlah 30 orang yang terdiri atas 17 siswa putri dan 13 siswa putra. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes penilaian hasil belajar lay up shoot . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: pembelajaran melalui metode tutorial teman sebaya, dapat meningkatkan hasil lay up shoot pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Soppeng. Dari hasil analisis, diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar lay up shoot pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 83,33% jumlah siswa yang tuntas adalah 25 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 100%, atau siswa yang tuntas adalah 30 siswa. Kata kunci : Lay up shoot, bolabasket, tutorial teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > ILmu Keolahragaan
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Jan 2019 03:20
Last Modified: 31 Jan 2019 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12006

Actions (login required)

View Item View Item