saila, Melisa (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLABASKET MELALUI METODE TUTORIAL TEMAN SEBAYA PADA SISWA SMA NEGERI 2 SOPPENG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
MELISA SAILA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
, 2018. Upaya meningkatkan hasil belajar lay up shoot bolabasket melalui metode tutorial teman sebaya pada siswa SMA Negeri 2 Soppeng. Pembimbing I : Hj. Hasmyati, Pembimbing II: Benny Badaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lay up shoot bolabasket melalui melalui metode pembelajaran tutorial teman sebaya pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Soppeng tahun pelajaran 2018 / 2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek data penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Soppeng tahun pelajaran 2018 / 2019 berjumlah 30 orang yang terdiri atas 17 siswa putri dan 13 siswa putra. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes penilaian hasil belajar lay up shoot . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: pembelajaran melalui metode tutorial teman sebaya, dapat meningkatkan hasil lay up shoot pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Soppeng. Dari hasil analisis, diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar lay up shoot pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 83,33% jumlah siswa yang tuntas adalah 25 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 100%, atau siswa yang tuntas adalah 30 siswa. Kata kunci : Lay up shoot, bolabasket, tutorial teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > ILmu Keolahragaan |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 03:20 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 03:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12006 |
Actions (login required)
View Item |