GRAMMATICAL ERRORS MADE BY EFL STUDENTS IN WRITING HORTATORY EXPOSITION KESALAHAN GRAMMATIKAL YANG DIBUAT OLEH PELAJAR BAHASA ASING DALAM PENULISAN TEKS EKSPOSISI HORTATORIK UMMUL HASANAH POST GRADUATE PROGRAM STATE UNIVERSITY OF MAKASSAR 2018

Hasanah, Ummul (2018) GRAMMATICAL ERRORS MADE BY EFL STUDENTS IN WRITING HORTATORY EXPOSITION KESALAHAN GRAMMATIKAL YANG DIBUAT OLEH PELAJAR BAHASA ASING DALAM PENULISAN TEKS EKSPOSISI HORTATORIK UMMUL HASANAH POST GRADUATE PROGRAM STATE UNIVERSITY OF MAKASSAR 2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
UMMUL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

. (2018). Kesalahan Grammatikal yang Dibuat oleh Pelajar Bahasa Asing dalam Penulisan Teks Eksposisi Hortatorik. Tesis. Jurusan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Kisman Salija dan Abdul Halim) Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesalahan gramatikal pada teks eksposisi hortatorik yang dibuat oleh siswa kelas XI SMAN 8 Makassar tahun ajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan 1) Jenis kesalahan tata bahasa yang dibuat oleh siswa bahasa asing pada teks eksposisi hortatorik 2) Jenis kesalahan tata bahasa yang sering terjadi dalam penulisan eksposisi hortatorik yang dibuat oleh siswa 3) Jenis kesalahan tata bahasa yang paling sedikit terjadi dalam tulisan eksposisi hortatorik yang dibuat oleh siswa 4) Bagaimana siswa yang memiliki kesalahan tata bahasa yang paling banyak bisa belajar tata bahasa Inggris 5) Bagaimana siswa dengan kesalahan tata bahasa yang paling sedikit dapat belajar tata Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif quantitatif yang terdiri dari satu kelas sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel purposif di mana X MIA 5 dipilih sebagai sampel penelitian. Data kesalahan gramatikal siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis. Data tentang bagaimana siswa belajar tata bahasa Inggris dikumpulkan dengan wawancara. Berdasarkan temuan dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa jumlah seluruh kesalahan tata bahasa yang ditemukan adalah 350. Jenis kesalahan yang paling banyak adalah kesalahan misinformasi dengan 180 kesalahan (51%) kemudian omission dengan 117 kesalahan (33%). Yang berikutnya adalah kesalahan misordering (9%) dan yang paling sedikit dari jenis kesalahan adalah penambahan dengan 22 kesalahan (6%). Penelitian ini juga menyoroti beberapa aspek yang disebutkan oleh siswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi mereka dalam belajar tata bahasa Inggris. Kata kunci: Kesalahan Grammatikal, Error Analysis, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi siswa belajar tata bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Jan 2019 02:16
Last Modified: 31 Jan 2019 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item View Item