MODEL KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH BINTANG LIMA DI KELURAHAN TAMANGAPA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

SAKMAWATI, SAKMAWATI (2018) MODEL KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH BINTANG LIMA DI KELURAHAN TAMANGAPA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (64kB)

Abstract

SAKMAWATI. 2018. Model Kewirausahaan Masyarakat Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Bintang Lima di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Muhammad Zulfadli dan Dalilul Falihin) Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui model kewirausahaan masyarakat sekitar tempat pembuangan akhir sampah bintang lima di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. 2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi model kewirausahaan masyarakat di sekitar tempat pembuangan akhir sampah bintang lima di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. 3) Mengetahui manfaat kewirausahaan bagi masyarakat yang ada di sekitar tempat pembuangan akhir sampah bintang lima di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh diolah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model kewirausahaan masyarakat sekitar tempat pembuangan akhir sampah bintang lima di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar, cukup baik karena dapat melalui beberapa tahap yaitu kesempatan dan ide, rencana bisnis formal, halangan untuk masuk, strategi memasuki pasar, bentuk organisasi, faktor penentu keberhasilan, dan memilihara semangat kewirausahaan. 2) Faktor yang mempengaruhi model kewirausahaan masyarakat di sekitar tempat pembuangan akhir sampah bintang lima di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar yaitu adanya faktor internal yaitu hak kepemilikan, kemampuan atau kompetensi dan insentif dan eksternal yaitu lingkungan. 3) Manfaat kewirausahaan bagi masyarakat yaitu dengan adanya usaha tersebut masyarakat mampu mengontrol kemampuan dirinya, mampu memanfaatkan potensi yang ada dan melakukan perubahan, memperoleh manfaat finansial dan mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 06:08
Last Modified: 30 Jan 2019 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11989

Actions (login required)

View Item View Item