PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 37 PAREPARE

Putriwanti, Putriwanti and Haling, Abdul and Anas, Muhammad (2018) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 37 PAREPARE. (Submitted)

[img] Text
JURNAL PUTRIWANTI.doc

Download (129kB)

Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar Gunungsari Baru, Jl. Bonto Langkasa, Makassar-90222 Abstrak: Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam sebagai Sumber Belajar dalam pembelajaran IPA terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Negeri 37 Parepare. Rendahnya semangat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dikarenakan proses pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal dimana kurangnya penggunaan sumber belajar yang dapat merangsang semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar, mengetahui gambaran semangat belajar siswa serta mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA terhadap semangat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneitian kuantittif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design atau eksperimen semu dengan variasi nonequivalent control group design. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis atau uji t independen dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar telah terlaksana dengan baik di SD Negeri 37 Parepare. Semangat belajar siswa sebelum belajar melalui pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar berada pada kategori rendah dan semangat belajar siswa setelah belajar melalui pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar berada pada kategori tinggi, berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan semangat antara siswa yang belajar melalui pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dengan siswa yang belajar tanpa melalui pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar di SD Negeri 37 Parepare, hal ini menunjukkan ada pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap semangat belajar siswa. Kata kunci: lingkungan alam, sumber belajar, semangat belajar

Item Type: Article
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 05:35
Last Modified: 30 Jan 2019 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11978

Actions (login required)

View Item View Item