PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 37 PAREPARE

Hafid, Nurjanna PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 37 PAREPARE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NURJANNA HAFID.doc

Download (12MB)

Abstract

, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar Gunungsari Baru, Jl. Bonto Langkasa, Makassar-90222 Abstrak: Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Negeri 37 Parepare. Kurangnya Semangat belajar siswa dikarenakan proses pembelajaran yang diterapkan kurang optimal, dimana kurangnya model pembelajaran yang bervariasi, kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak bermakna, dan tidak adanya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan metode pembelajaran inkuiri, dan Semangat belajar siswa, serta mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Negeri 37 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian in adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental atau eksperimen semu dengan variasi nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dimana analisis data inferensial yang meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan metode pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen telah terlaksana dengan baik di SD Negeri 37 Parepare. Semangat belajar siswa sebelum belajar melalui penggunaan metode pembelajaran inkuiri berada pada kategori kurang semangat dan semangat belajar siswa setelah belajar melalui penggunaan metode pembelajaran inkuiri berada pada kategori semangat. Terdapat perbedaan Semangat belajar antara siswa yang belajar melalui penggunaan metode pembelajaran inkuiri dengan siswa yang belajar tanpa penggunaan metode pembelajaran inkuiri di SD Negeri 37 Parepare, oleh karena nilai rata-rata Semangat belajar siswa belajar melalui penggunaan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak belajar melalui penggunaan metode pembelajaran inkuiri, hal ini menunjukkan ada pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Semangat belajar siswa. Kata Kunci: Semangat Belajar Siswa, Penggunaan metode pembelajaran inkuiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 05:27
Last Modified: 30 Jan 2019 05:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11973

Actions (login required)

View Item View Item