PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 53 LANGNGA KABUPATEN PINRANG

Jamal, Jamal (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 53 LANGNGA KABUPATEN PINRANG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL JAMAL.doc

Download (117kB)

Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 53 Langnga Kabupaten Pinrang. Proses belajar mengajar di sekolah masih didominasi oleh pendekatan pembelajaran yang konvensional yang menjadi salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di sekolah.Pemilihan model dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses ini adalah untuk mengutamakan keaktifan siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas, menggunakan alat peraga untuk melakukan percobaan agar motivasi belajar siswa meningkat lebih efektif dan efesien.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan pendekatan keterampilan proses dan motivasi belajar siswa serta pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri 53 Langnga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi EksperimentalDesigndengan pola Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 265 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 5 yang berjumlah 45 siswa terdiri atas kelompok eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelompok kontrol 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan bantuan program SPSS 16,0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengamatan observer selama proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan keterampilan proses berjalan dengan baik, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yang berada pada kategori sedang sebelum penerapan pendekatan keterampilan proses dan kategori tinggi setelah penerapan pendekatan keterampilan proses. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, setelah penerapan pendekatan keterampilan proses di kelas eksperimen terlihat bahwa rata-rata skor motivasi belajar siswa meningkat dibanding sebelum penerapan pendekatan keterampilan proses,sedangkan pada hasil analisis uji-t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap motivasi belajar di SD Negeri 53 Langnga. Berdasarkan hasil penelitian, guru hendaknya memilih pendekatan yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, pendekatan keterampilan proses terbukti mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat motivasi belajar siswa, sehingga bisa menjadi referensi bagi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Kata kunci : Pendekatan Keterampilan Proses dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 05:15
Last Modified: 30 Jan 2019 05:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11967

Actions (login required)

View Item View Item