PENGARUH PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 3 AMPARITA SIDRAP

BYM, Nur Yandi (2018) PENGARUH PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 3 AMPARITA SIDRAP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NUR YANDI BYM.doc

Download (125kB)

Abstract

Pengaruh Pelaksanaan Metode Pembelajaran Bermain Peran terhadap Minat Belajar Siswa di SDN 3 Amparita Sidrap. Kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dikarenakan proses pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal dimana kurangnnya penggunaan metode dalam proses pembelajaran yang mampu merangsang minat belajar siswa pada kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan metode pembelajara bermain peran, untuk memperoleh gambaran minat siswa, serta untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan metode pembjaran bermain peran terhadap minat belajar siswa di SDN 3 Amparita Sidrap. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental design atau eksperimen semu dengan variasi nonequivalent control group design.. Sampel penelitian ini adalah kelas VI SDN 3 Amparita Sidrap yang terdiri dari kelas VIA dengan jumlah siswa 26 orang dan kelas VIB dengan jumlah siswa 26 orang. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan inferensial yang meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran bermain peran di kelas eksperimen telah terlaksana degan baik. Minat belajar siswa sebelum pelaksanaan metode pembelajaran bermain peran berada pada kategori cukup aktif dan minat belajar siswa setelah pelaksanaan metode pembelajaran bermain peran berada pada kategori sangat aktif. Terdapat perbedaan minat belajar antara siswa yang belajar melalui pelaksanaan metode pembelajaran bermain peran dengan siswa yang belajar tanpa pelaksanaan metode pembelajaran bermain peran, oleh karna itu nilai rata–rata minat belajar siswa pada pelaksanaan metode pembelajaran bermain peran lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak belajar melalui pelaksanaan metode pembelajaran bermain peran, hal ini menunjukkan ada pengaruh pelaksanaan metode pembelajaran bermain peran terhadap minat belajar siswa. Kata kunci: Metode bermain peran, Minat belajar, Quasi Experimental

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 05:09
Last Modified: 30 Jan 2019 05:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11965

Actions (login required)

View Item View Item