PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 35 PAREPARE

Sudarmi.m, Sudarmi.m (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 35 PAREPARE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SUDARMI.doc

Download (121kB)

Abstract

Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar Gunungsari Baru, Jl. Bonto Langkasa, Makassar-90222 Abstrak: Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Keaktifan Belajar siswa di SD Negeri 35 Parepare. Kurangnya keaktifan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dikarenakan proses pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal dimana kurangnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pendekatan kontekstual, gambaran keaktifan belajar siswa dan pengaruh penerapan kontekstual terhadap keaktifan belajar siswa SD Negeri 35 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental design atau eksperimen semu dengan variasi nonequivalent control group design. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan inferensial yang meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual pada kelas eksperimen telah terlaksana dengan baik di SD Negeri 35 Parepare. Keaktifan belajar siswa sebelum belajar melalui penerapan pendekatan kontekstual berada pada kategori kurang aktif dan keaktifan belajar siswa setelah penerapan pendekatan kontekstual berada dalam kategori aktif. Terdapat perbedaan keaktifan belajar antar siswa yang belajar melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan siswa yang belajar tanpa penerapan pendekatan kontekstual di SD Negeri 35 Parepare. Oleh karena nilai rata – rata keaktifan belajar siswa yang belajar melalui penerapan pendekatan kontekstual lebih tinggi di bandingkan siswa yang tidak belajar melalui penggunaan penerapan pendekatan kontekstual, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap keaktifan belajar siswa. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Keaktifan belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 05:04
Last Modified: 30 Jan 2019 05:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11962

Actions (login required)

View Item View Item