PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM BAHASA BUGIS MELALUI MEDIA LINGKUNGAN SISWA KELAS VII.4 SMPN 1 WATANSOPPENG

Hartina, Ainun (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM BAHASA BUGIS MELALUI MEDIA LINGKUNGAN SISWA KELAS VII.4 SMPN 1 WATANSOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITYA NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AINUN HARTINA 1455041012.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

, 2018. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dalam Bahasa Bugis Melalui Media Lingkungan Siswa Kelas VII.4 SMPN 1 Watansoppeng”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Kembong Daeng dan Abdul Azis). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi dalam bahasa Bugis melalui media lingkungan siswa kelas VII.4 SMPN 1 Watansoppeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Data dalam analisis data digunakan teknik analisis deskriptif. Pada tahap proses pembelajaran, guru telah melakukan tahaptahap pembelajaran menggunakan media lingkungan secara maksimal sehingga siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Pada hasil pembelajaran siswa menulis teks deskripsi dalam bahasa Bugis melalui media lingkungan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes pada siklus I bahwa hanya 2 siswa yang memperoleh nilai 75-100. Pada siklus II tidak ada siswa yang memperoleh nilai 0-74, semua siswa memperoleh nilai 75-100. Sehingga penelitian tentang menulis teks deskripsi dalam bahasa Bugis dengan menggunakan media lingkungan dikategorikan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis dapat memberi saran bagi siswa bahwa penggunaan media dalam pembelajaran dapat mempermudah siswa dalam menulis teks deskripsi. Bagi guru, penggunaan media dalam pembelajaran membantu guru untuk menciptakan pembelajaran yang menarik. Kata Kunci: Keterampilan menulis teks deskripsi, media lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 04:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11956

Actions (login required)

View Item View Item