Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Multimedia pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros

ABDUL, HALID (2015) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Multimedia pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Abdul Halid.docx

Download (16kB)

ABSTRAK ABDUL HALID. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Multimedia pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Suwardi Annas). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pembelajaran matematika melalui penggunaan multimedia pada kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros, (2) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penggunaan multimedia, dan (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penggunaan multimedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian angket motivasi belajar matematika,dan tes hasil belajar matematika setiap akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran matematika melalui penggunaan multimedia pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros mencapai keberhasilan yaitu motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori termotivasi dan sangat termotivasi dan hasil belajar matematika siswa tuntas secara klasikal. Aktivitas yang mendukung proses belajar mengajar terus mengalami peningkatan dan aktivitas yang tidak relevan dengan kegiatan proses belajar mengajar berkurang dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, bahkan di akhir siklus II sudah tidak tampak aktivtas yang tidak relevan dengan kegiatan proses belajar mengajar, (2) penggunaan multimedia dapat meningkatkan motivasi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros dalam pembelajaran matematika, hal ini terlihat dari motivasi belajar siswa yang tergolong dalam kategori termotivasi dan sangat termotivasi, (3) penggunaan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros dalam pembelajaran matematika, hal ini terlihat dari persentase ketuntasan klasikal yaitu sebesar 90,62%. Kata Kunci: Motivasi , Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Multimedia ABSTRACT ABDUL HALID. Increased Motivation and Student Learning Outcomes in Mathematics Learning Through the Use of Multimedia in Class XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros (supervised by Abdul Rahman and Suardi Annas). This study aimed (1) todetermine how the process of learning mathematics through the use of multimedia in class XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros, (2) to increase students' motivation in learning mathematics through the use of multimedia, and (3) to improve student learning outcomes in learning mathematics through the use of multimedia. Type of research is a class act , consisting of two cycles through the stages of planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques used were questionnaires giving motivation to learn mathematics, and mathematics achievement test each end of the cycle. Subjects were students of class XI IPS 1, amounting to 32 students. The research was conducted in the second semester of academic year 2012/2013. These results indicate that: (1) the process of learning mathematics through the use of multimedia in class XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros run as expected. Students are very enthusiastic attention to the presentation of the learning material through VCD. Activities that support the teaching and learning process is constantly increasing and activities that are not relevant to the activities of the learning process is reduced from the meeting to the next meeting, even at the end of the second cycle has not looked aktivtas that are not relevant to the activities of teaching and learning, (2) the use of multimedia can increase the motivation of class XI IPS 1 SMA Negeri 9 Marusu Maros in learning mathematics. It is evident from the increase in the percentage of students' motivation in the category are motivated from cycle I to cycle II of 12.51 % and a highly motivated category increased by 9.37 %, ( 3 ) the use of multimedia can improve learning outcomes of students in class XI IPS 1 SMA 9 Marusu Maros country in learning mathematics. It is seen from the percentage of classical completeness first cycle of 46.87 % and 90.62 % for the second cycle, this means an increase of 43.75 %. Keywords : Motivation, Learning Outcomes, Learning Mathematics, Multimedia.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2016 04:47
Last Modified: 02 Nov 2016 04:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item