ANALISIS KONFLIK INTRAPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN DAMPAK YANG DITIMBULKAN PADA SISWA KELAS XII SMK PERSADA WAJO

Henra, Kiki (2018) ANALISIS KONFLIK INTRAPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN DAMPAK YANG DITIMBULKAN PADA SISWA KELAS XII SMK PERSADA WAJO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (43kB)

Abstract

Konflik Intrapersonal merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi emosional siswa dalam belajar matematika, dalam hal ini kondisi psikologis siswa yang mengalami konflik dengan dirinya sendiri terhadap mata pelajaran matematika yang sedang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang konflik intrapersonal yang dialami siswa dalam proses belajar matematika di kelas XII SMK Persada Wajo 2017/2018. Total siswa sebanyak 25 siswa dengan subjek penelitian sebanyak 3 siswa masing-masing 1 siswa mewakili satu jenis konflik intrapersonal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Kuesioner, (2) Tes Hasil Belajar, dan (3) Pedoman Wawancara. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif dan berlangsung secara terus menerus hingga tuntas (jenuh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek S-01 mengalami jenis konflik Approach-avoidance conflict dalam proses pembelajaran karena ketika disuruh mengerjakan soal lalu menjelaskannya, siswa tersebut mampu menyelesaikan soal tersebut tapi tidak mampu menjelaskannya, siswa merasa malu dan kondisi fisiknya terlihat keringatan dan tengang, nilai THB yang diperoleh 75 atau sama dengan KKM. (2) Subjek S-02 mengalami jenis konflik Avoidance-avoidance conflict dalam proses pembelajaran karena ketika disuruh memilih antara mengerjakan soal matematika atau bernyanyi saja siswa tersebut tidak mampu melakukan keduanya, siswa merasa takut dan kondisi fisiknya terlihat cemas, hasil THB yang diperoleh 40 di bawah KKM. (3) Subjek S-03 mengalami jenis konflik Approach-approach conflict dalam proses pembelajaran karena siswa tersebut sulit memilih salah satu soal diantara dua soal yang sama mudahnya untuk dikerjakan, siswa merasa ragu-ragu dan kondisi fisiknya terlihat kebingungan, hasil THB yang diperoleh 85 atau di atas KKM. Kata Kunci: Konflik Intrapersonal, Approach-avoidance conflict, Avoidance-avoidance conflict, Approach-approach conflict, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item