PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) PUSAT KOTA MAKASSAR

Purnamasari, Andi Annisa (2018) PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) PUSAT KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Andi Annisa Purnamasari (1392142022)-pdf.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi penggajian yang telah diterapkan dan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akuntansi penggajian terhadap efektivitas pengendalian internal pembayaran gaji karyawan secara parsial. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem informasi akuntansi penggajian sebagai variabel independen dan efektivitas pengendalian internal sebagai variabel dependen. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Pusat Kota Makassar dan sampel penelitian ini adalah seluruh kuesioner yang dikembalikan oleh responden kepada peneliti yaitu sebanyak 30. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan dengan menyebarkan kuesioner. Rancangan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Kualitas Data, Analisis Regresi Linier Sederhana, dan Uji Hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi penggajian dilaksanakan sesuai dengan sistem dan prosedur yang telah ditetapkan dan sistem informasi akuntansi penggajian berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pengendalian internal pembayaran gaji karyawan secara parsial. Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Efektivitas Pengendalian Internal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11947

Actions (login required)

View Item View Item