HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I MAKASSAR

A.H TAJIBU, ANDI TENRI KHAERUNNISA (2018) HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
RINGKASAN bhs indonesia.docx

Download (392kB)

Narapidana menjalani kehidupan di dalam Lembaga Pemasyarakatan tidak hanya mengalami perubahan sosial namun juga perubahan fisik dan psikologis. Kondisi demikian mengakibatkan narapidana belum memiliki psychological well-being. Individu yang memiliki psychological well-being maka individu dapat mengembangkan dirinya mengarah kepada hal yang positif. Salah satu sumber yang dapat meningkatkan psychological well-being narapidana adalah self compassion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self compassion dengan psychological well-being narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar. Subjek pada penelitian ini berjumlah 109 orang narapidana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan menggunakan teknik analisis korelasi Spearman-rho. Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya kekuatan hubungan antar variabel adalah r= 0,294 dengan nilai signifikansi ρ = 0,002 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara Self Compassion dengan Psychological Well-Being Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi self compassion yang dimiliki narapidana maka semakin tinggi pula psychological well-being yang dimilikinya. Penelitian ini bermanfaat bagi narapidana dan Lembaga Pemasyarakatan untuk memperhatikan pentingnya kesehatan mental bagi individu. Kata kunci: Narapidana, Self Compassion, Psychological well-being.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item View Item