PENGARUH KESEIMBANGAN, KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA KAKI TERHADAP KEMAMPUAN SEPAK MULA BAWAH PADA PERMAINAN SEPAKTAKRAW SISWA SMP NEGERI 5 SINJAI SELATAN

.NASIR, MUH (2018) PENGARUH KESEIMBANGAN, KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA KAKI TERHADAP KEMAMPUAN SEPAK MULA BAWAH PADA PERMAINAN SEPAKTAKRAW SISWA SMP NEGERI 5 SINJAI SELATAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal.docx

Download (150kB)

Abstract

“Pengaruh Keseimbangan, Kekuatan Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Kemampuan Sepak Mula Bawah Siswa SMP Negeri 5 Sinjai Selatan”. Tesis Program Sudi Pendidikan Jasmani dan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing Oleh Dr.Suwardi,M.Pd dan Sudirman,M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keseimbangan, kekuatan otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap kemampuan sepak mula bawah pada permainan sepaktakraw siswa SMP Negeri 5 Sinjai Selatan. Populasi terjangkau penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIa dan VII.b. yang berjumlah 40 orang putera. Penentuan sampel dengan menggunakan sampel jenuh, artinya seluruh populasi terjangkau dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur dengan bantuan program komputer SPSS versi 21 dengan taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh langsung keseimbangan terhadap koordinasi mata kaki siswa SMP Negeri 5 Sinjai Selatan sebesar 63,52% 2) Ada pengaruh langsung kekuatan otot tungkai terhadap koordinasi mata kaki siswa SMP Negeri 5 Sinjai selatan sebesar 12,48%, 3) Ada pengaruh langsung keseimbangan terhadap kemampuan sepak mula bawah pada permainan sepaktakraw siswa SMP Negeri 5 Sinjai Selatan sebesar 31,8%, 4) Ada pengaruh langsung kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan sepak mula bawah pada permainan sepaktakraw siswa SMP Negeri 5 Sinjai Selatan sebesar 19,29%, 5) Ada pengaruh langsung koordinasi mata kaki terhadap kemampuan sepak mula bawah pada permainan sepaktakraw siswa SMP Negeri 5 Sinjai Selatan sebesar 21,6%, 6) Ada pengaruh keseimbangan terhadap kemampuan sepak mula bawah pada permainan seoaktakraw siswa SMP Negeri 5 Sinjai Selatan melalui koordinasi mata kaki sebesar 41,91%, 7) Ada pengaruh kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan sepak mula bawah pada permainan sepaktakraw siswa SMP Negeri 5 Sinjai Selatan melalui motivasi sebesar 19,29%. Kata Kunci: Keseimbangan, Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata Kaki dan Kemampuan Sepak Mula Bawah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11928

Actions (login required)

View Item View Item