PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN ROMANGLASA KECAMATAN BOTONOMPO KABUPATEN GOWA

Rahmawati, Rahmawati (2018) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN ROMANGLASA KECAMATAN BOTONOMPO KABUPATEN GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENELITIAN.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa, (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudah pembelajaran kontekstual di kelas V SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa setelah diberikan pembelajaran kontekstual, (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA terhadap pencapaian belajar siswa di kelas V SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini True Experimental Design dengan desain Pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh kelas V SDN Romanglasa pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 51 orang siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah simple random sampling sehingga diperoleh sebanyak 46 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran kontekstual dilaksanakan melalui tahap konstruktivisme, menemukan, menanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya, sudah terlaksana dengan baik. (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran kontekstual berada pada kategori rendah sebelum diberikan perlakuan dan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual. (3) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran kontekstual terhadap pencapaian hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Romanglasa Kec. Bontonompo Kab. Gowa. Kata Kunci: pembelajaran kontekstual , hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11926

Actions (login required)

View Item View Item