EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERPEN BAGI SISWA KELAS VII SMP KEMALA BHAYANGKARI MAKASSAR

Ekayanti, Ekayanti (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERPEN BAGI SISWA KELAS VII SMP KEMALA BHAYANGKARI MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1)hasil belajar pada kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional dalam menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen 2) hasil belajar pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen; dan 3) efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen (posttest-only control group design). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t.Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas kontrol.Setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t, nilai > maka hipotesis penelitian diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif diterapkan dalam pembelajaran menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen. Kata kunci: cerpen, unsur intrinsik, jigsaw, konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item