Friansyah G, Muh. (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen Semu pada Siswa SMPN di Kabupaten Enrekang). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Full text not available from this repository.Abstract
. Penelitian ini merupan eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Baraka pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran PISK, (2) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Baraka pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok, (3) apakah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PISK lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran investigasi kelompok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang pada semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Baraka setelah diterapkan model pembelajaran PISK mempunyai skor rata-rata 78,00 yaitu kategori sedang, (2) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Baraka setelah diterapkan model pembelajaran investigasi kelompok mempunyai skor rata-rata 69,28 yaitu kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PISK lebih baik jika dibandingkan model pembelajaran investigasi kelompok. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe PISK, Model Investigasi Kelompok, Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > Matematika |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 30 Jan 2019 00:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11906 |
Actions (login required)
View Item |