PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA GLENN DOMAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN

ILYAS, DIYAN HARDIANTI (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA GLENN DOMAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITYA NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel diyan.docx

Download (38kB)

Abstract

161051402017 Pendidikan Anak Usia Dini Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar diyanhardiantii@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang Pengembangan Model stimulasi akuisisi literasi Baca Tulis anak usia 5-6 Tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi atas 2 yaitu : 1. Bagaimana gambaran analisis kebutuhan dalam Pengembangan Model stimulasi akuisisi literasi Baca Tulis anak usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Kab. Pangkep? 2. Bagaimana menghasilkan Model Akusisi Literasi yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini kelompok B di TK Aisyiyah Kab. Pangkep?. Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis kebutuhan terhadap model pembelajaran Akuisisi Literasi yang telah ada, kemudian dikembangkan apakah akan valid, efektif, dan praktis. Tinjuan pustaka yang peneliti bahas meliputi: Kemampuan membaca anak usia dini, Tinjuan model pembelajaran membaca anak usia dini, Tinjauan Model stimulasi akuisisi literasi, Tinjauan Model stimulasi akuisisi literasi untuk anak usia dini, dan Tinjauan membaca dengan Model stimulasi akuisisi literasi untuk anak usia dini. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, adapun jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan Model pengembangan tersebut mengacu pada strategi pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall melalui prosedur Pra pengembangan produk, Pengembangan Produk awal, dan pasca pengembangan produk. Pengelolaan data dengan Observasi, Wawancara, kuesioner/ angket dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah yang ada pada TK Aisyiyah Kab. Pangkep adalah terdapat anak yang memiliki kemampuan membaca yang masih kurang baik sehingga menyingkirkan peran penting pengembangan yang laib dan menimbulkan kurangnya kemampuan membaca anak. Oleh sebab itu dari hasil kebutuhan model terhadap masalah yang ada, maka perlu dirancang sebuah model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Adapun peningkatan hasil secara keseluruhan diuji validasi ahli melalui model pembelajaran yang telah dikembangkan, ditinjau dari keseluruhan aspek sudah dinyatakan valid sengan skor 3.30, sedangkan untuk validasi pengembangan Model stimulasi akuisisi literasi yang telah dikembangkan dinyatakan valid dengan mencapai skor 3.18. dari uji validitas empiric dilakukan dengan pengamatan terhadap keterlaksanaan model dan kemampuan guru mengelola pembelajaran, tujuannya untuk menilai hasil tingkat analisis kepraktisan model yaitu mencapai 3.50, sedangkan tingkat keefektifan Model stimulasi akuisisi literasi dari hasil rata-rata keseluruhan mencapai indikator kemampuan membaca anak adalah 3.20 dan analisis kegiatan guru mencapai 96% yaitu memiliki penerimaan yang sangat posistif terhadap Model stimulasi akuisisi literasi sehingga layak untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 00:42
Last Modified: 30 Jan 2019 00:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item View Item