EFEKTIVITAS PENERAPAN ELPSA (EXPERIENCES, LANGUAGE, PICTURE,SYMBOL, APPLICATION) SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DI KOTA MAKASSAR

. Irham, Muh. (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN ELPSA (EXPERIENCES, LANGUAGE, PICTURE,SYMBOL, APPLICATION) SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL MUH. IRHAM.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

THE EFFECTIVENESS OF COOPERATIVE LEARNING WITH ELPSA LEARNING (EXPERIENCES, LANGUAGE, PICTURE, SYMBOL, APPLICATION) OF MATHEMATICS LEARNING AT VIII CLASS SMP IN MAKASSAR CITY 1 1* , 3 Program Studi Pendidikan Matematika Kekhususan Pendidikan Matematika Sekolah 2 Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia *Email: muh.irham.m07@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dengan menggunakan ELPSA (Experiences, Language, Picture, Symbol, Applcation) setting kooperatif dalam pembelajaran matematika; (2) mendeskripsikan respon peserta didik dengan menggunakan ELPSA setting kooperatif dalam pembelajaran matematika; (3) mengetahui penerapan ELPSA setting kooperatif efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VIII SMP di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah adalah One Group Pretest Posttest Design. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan ELPSA setting kooperatif dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Di Kota Makassar ditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor hasil belajar matematika pada posttest lebih besar dari 79.9 (KKM) dan rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0.29 (kategori sedang), (b) rata-rata skor aktivitas belajar siswa untuk setiap pertemuan lebih dari 70% aspek pengamatan berada pada kriteria waktu ideal, dan (c) rata-rata skor respons siswa lebih besar dari 3.5 (kategori positif). Hasil uji t dengan taraf siginifikan α = 0,05 pada hipotesis mayor yaitu pembelajaran ELPSA setting kooperatif efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VIII SMP di Kota Makassar , dan hasil uji t-test dengan taraf siginifikan α = 0,05 pada hipotesis minor terhadap (1) hasil belajar (posttest, gain) (2) respons, hasil uji kesamaan dua proporsi terhadap ketuntasan klasikal, menunjukan bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Pembelajaran ELPSA Efektif dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Di Kota Makassar. Kata Kunci: Keefektifan, Pembelajaran kooperatif, ELPSA (Experiences, Language, Picture, Symbol, Applcation).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2019 08:09
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11891

Actions (login required)

View Item View Item