Pengaruh Potensi Akademik, Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika

Sunardi,, Sunardi, (2015) Pengaruh Potensi Akademik, Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Sunardi,.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Sunardi, 2015. Pengaruh Potensi Akademik, Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika (dibimbing oleh Muh. Arif Tiro dan Suwardi Annas). Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Negeri di Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 652 siswa. Sampel penelitian sebanyak 256 siswa yang diambil dengan menggunakan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes potensi akademik, angket efikasi diri, angket kemandirian belajar dan tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisis jalur (path anlysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi akademik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung sebesar 0,587 maupun tidak langsung melalui kemandirian belajar 0,031. Efikasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung sebesar 0,235 maupun tidak langsung melalui kemandirian belajar sebesar 0,021. Kata Kunci: Potensi Akademik, Efikasi Diri, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Matematika. ABSTRACT Sunardi. 2015. The Influence of Academic Potential, Self Efficacy, and Independent Learning toward Mathematics Learning Achievement (supervised by Muh. Arif Tiro and Suwardi Annas). This study is an ex-post facto with causality. The population of the study was 652 students of class IX at SMPN in Mangarabombang Subdistrict of Takalar District of academic year 2014/2015. The samples were 256 students obtained by employing proportional random sampling technique. The instruments used in this study consisted of academic potential test, self efficacy questionnaire, independent learning questionnaire, and mathematics learning achievement test. Data were analyzed using descriptive statistics analysis and path analysis. The result of the study reveal that the academic potential gives positive influence on mathematics learning achievement both directly by 0.587 and indirectly by 0.031 through independent learning. Self efficacy gives positive influence on mathematics learning achievement both directly by 0.0235 and indirectly by 0.021 through independent learning. Keywords: academic potential, self efficacy, independent learning, and mathematics learning achievement

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:02
Last Modified: 26 Oct 2016 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item