PENGEMBANGAN ASESMEN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 5 AKASSAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Samriani, Samriani (2018) PENGEMBANGAN ASESMEN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 5 AKASSAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL SAMRIANI.docx

Download (60kB)

Abstract

: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan asesmen pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Asesmen pembelajaran biologi yang dikembangkan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan tes kognitif esai/uraian dengan proses pengembangan yang mengacu pada model 4-D yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen dan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan asesmen yaitu: angket respons guru, angket respons siswa, silabus, dan RPP. Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 5 Makassar pada siswa kelas X MIPA 1 yang aktif pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dikembangkan telah memenuhi: (1) kriteria kevalidan dimana LKPD memiliki rata-rata penilaian sebesar 3,4 (valid), tes kognitif esai/uraian memiliki rata-rata penilaian sebesar 3,9 (sangat valid) (2) kriteria kepraktisan berdasarkan respon guru yang cenderung positif dan respons peserta didik yang juga cenderung positif, dan (3) kriteria keefektifan berdasarkan nilai N-Gain hasil belajar peserta didik sebesar 0,655 berkategori sedang dan rata-rata nilai N-Gain kemampuan berpikir kritis sebesar 0,709 kategori tinggi. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Asesmen Biologi, Pengembangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:48
Last Modified: 29 Jan 2019 07:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item View Item